Tenderind – Startup Lelang Tender Online di Indonesia

| March 25, 2015 | 0 Comments

Tenderind startup lelang tender online di indonesiaKorupsi terjadi karena niat dan tentunya kesempatan.

Tindak korupsi di Indonesia semakin marak, baik dilakukan oleh kalangan atas, maupun bawah. Bos dan anak buah bisa sama-sama punya peluang untuk mengambil uang panas dari proyek-proyek yang mereka manipulasi. Sebuah data menunjukkan bahwa beberapa kasus korupsi belakangan ini telah merugikan negara hingga 240 triliun.

Kenyataan inilah yang mendorong Eric Sugianto untuk mendirikan startup lelang tender online bernama Tenderind (Tenderind.com). Melalui startup-nya ini, Eric berharap lelang tender di Indonesia bisa semakin transparan dan mampu meminimalisir KKN. Eric tidak sendirian, ia mengajak temannya yang pernah ia kenal di Amerika Serikat untuk membantu merealisasikan Tenderind ini. Menurut Eric, startup di bidang tender lelang di Indonesia selama ini memang belum digarap dengan serius.

Apa Itu Tenderind?

Tenderind adalah sebuah platform berbentuk web, yang bertindak sebagai perantara yang menghubungkan para penyelenggara tender dengan para pencari tender. Misalnya jika Jasa Marga ingin mengadakan proyek pembuatan jalan tol, maka melalui platform yang dimiliki Tenderind ini, kedua belah pihak, baik pihak Jasa Marga maupun pihak pencari proyek dapat saling berinteraksi.

Februari 2015 lalu, Tenderind diluncurkan. Walaupun judulnya masih soft launching, mereka sudah menetapkan target yang tinggi, yaitu menjadi startup lelang tender terbaik di Indonesia. Dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan setelah launching, Tenderind sudah mampu menggaet 140 perusahaan penyelenggara tender dengan total 600 proyek.

Bagaimana Seleksi Untuk Penyelenggara Tendernya?

Tenderind tidak main-main dalam menyeleksi perusahaan yang akan bergabung untuk mengadakan tender. Izin usaha, izin badan hukum, dan persyaratan lainnya harus dipenuhi oleh perusahaan yang akan mengadakan tender jika mereka ingin menyelenggarakan tender di Tenderind. Hal ini penting agar ke depannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menipulasi proyek, atau penipuan lainnya. Informasi mengenai persyaratan tersebut dan ketentuan lainnya bisa didapatkan dengan menghubungi tim customer service yang sudah disiapkan oleh Tenderind.

Segmentasi Pasar Dan Strateginya?

Jika dianalisis, aktivitas penyelenggaraan tender umumnya dilakukan oleh pegawai yang sudah senior, sekitar 40 tahun ke atas. Dan generasi usia tersebut rata-rata kurang familier dengan teknologi sekarang. Padahal platform Tenderind menawarkan kegiatan tender secara online. Bagaimana strategi Tenderind agar para generasi 40 tahun ke atas yang notabene menjadi pelaku utama tender-tender tersebut tetap dapat menggunakan fitur-fitur di dalam platform Tenderind dengan mudah dan nyaman?

Ternyata, Eric dan kawan-kawan sudah mengantisipasi hal tersebut dengan membuat web yang memiliki tampilan yang minimalis dan fitur yang mudah digunakan. Selain itu, ada tutorial yang dijelaskan step by step dengan menggunakan video sehingga lebih mudah dimengerti dalam waktu yang singkat.

Model Bisnis Tenderind

Berbicara tentang model bisnisnya, Tenderind akan membebankan sistem paket berlangganan bulanan, baik kepada pihak penyelenggara tender, maupun kepada pihak pencari tender. Hanya saja, untuk masa soft-launching ini, mereka belum memberlakukannya sehingga para pengguna masih dapat memanfaatkan platform tersebut secara free.

Tertarik menggunakan jasa dari Tenderind?

Tags:

Category: Strategi Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *