Minumlah Air 1 Jam Sebelum Makan

| February 27, 2015 | 0 Comments

minum air 1 jam sebelum makan lebih sehatSelain jumlah air yang cukup, waktu minum juga penting.

Jika ada waktu yang baik untuk makan, maka ada juga waktu yang baik untuk minum. Layaknya tanaman yang tumbuh subur karena disirami dengan air yang cukup dan waktu penyiraman yang tepat, begitu juga tubuh kita. Asupan air yang cukup dapat memperlancar metabolisme tubuh asalkan diminum pada waktu yang tepat.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk minum air?

Waktu ideal untuk mengisi tubuh anda dengan air adalah setelah bangun tidur di pagi hari dan kira-kira 1 jam sebelum setiap kali anda makan. Mengapa 1 jam sebelum makan? Karena dibutuhkan waktu kira-kira 30-45 menit agar air dapat mengalir dari lambung ke usus untuk menghidrasi tubuh sekaligus mempersiapkan pencernaan kita.

Jika selesai minum banyak air kita langsung makan, air masih berada di dalam lambung sehingga mengurangi nafsu makan. Dan jika minum air pada saat makan, air akan mengencerkan enzim yang ada di lambung sehingga proses pencernaan akan sedikit terganggu. Namun begitu, bagi anda yang sudah terbiasa minum pada saat makan, coba mulai saat ini jumlahnya dikurangi ya.

Jadi, kalau dibuat jadwal minum satu hari, kira-kira seperti ini:

  • 1-3 gelas setelah bangun tidur di pagi hari
  • 2-3 gelas 1 jam sebelum sarapan
  • 2-3 gelas 1 jam sebelum makan siang
  • 2-3 gelas 1 jam sebelum makan malam

Tentu saja itu disesuaikan dengan kondisi tubuh dan aktivitas anda. Misalnya, setelah selesai makan, rasanya ada yang kurang kalau tidak diakhiri minum (dan kebanyakan memang seperti itu), silakan saja tetapi jangan terlalu banyak, cukup sebagai pembersih mulut dan kerongkongan saja. Jika anda sedang melakukan pekerjaan fisik yang berat, tentu kebutuhannya menjadi berbeda, tidak harus menunggu waktu-waktu menjelang makan terlebih dahulu.

Bonus info, lebih baik jika anda membiasakan minum air yang hangat, kalau repot, ya minimal tidak air es lah. Air hangat akan menghangatkan tubuh sehingga suhu tubuh menjadi meningkat. Enzim metabolisme dalam tubuh berada dalam performa yang baik pada suhu tubuh 36-400C. Peningkatan suhu tubuh 10 saja (dalam range 36-400C) akan meningkatkan efektivitas kekebalan tubuh sebesar 35%. Maka dari itu, pada saat demam, proses yang terjadi sebenarnya adalah usaha peningkatan suhu tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Sumber: Buku ‘The Miracle of Enzim’ ditulis oleh Hiromi Shinya, MD.

Tags: , ,

Category: HIDUP SEIMBANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *