Menemukan Ide Yang Tak Terpikirkan Orang Lain

| February 22, 2015 | 0 Comments

Menemukan Ide Yang Tak Terpikirkan Orang LainKreativitas itu bukan asal WOW, tetapi juga harus WORKS. Maka, suatu ide baru bisa disebut kreatif jika mampu:

  1. memenuhi kebutuhan, atau
  2. menyelesaikan suatu masalah.

Seorang yang kreatif ditantang untuk menemukan kebutuhan-kebutuhan yang tersembunyi dan belum tersampaikan di masyarakat. Atau menemukan inti masalah yang belum tergali. Yang belum pernah atau jarang dipikirkan oleh orang lain.

Bagaimana caranya?

Bertanyalah ‘mengapa?’ terus-menerus hingga kita menemukan apa kebutuhan mendasarnya atau apa yang menjadi inti masalahnya. Ini adalah proses awal berpikir kreatif. Proses lengkapnya dari awal hingga akhir dapat dilihat di artikel ini: Mau Kreatif? Kenali Proses Berpikir Kreatif.

Kembali ke topik kita. Jadi, mengapa harus banyak nanya? Karena semakin banyak kata ‘mengapa?’ yang kita ajukan, akan semakin baik juga pemahaman kita akan masalah tersebut, walaupun lama-lama akan terdengar menyebalkan dan mungkin mengganggu. Keingintahuan yang besar akan mendekatkan kita kepada masalah inti, atau dengan kebutuhan dasar yang belum pernah tergali sebelumnya.

Kita ambil contoh kasus:

“Mengapa masih banyak orang yang masih repot-repot membeli produk secara offline, padahal produk tersebut sudah banyak dijual via online?”

Karena sebagian dari mereka belum yakin 100% bahkan ada yang takut dengan jual-beli secara online.

“Mengapa belum yakin? Mengapa bisa takut?”

Karena masih sering beredar kabar penipuan dalam praktek jual-beli tersebut.

“Mengapa masih ada penipuan?”

Meskipun sebagian besar orang sudah mengerti dan berhati-hati, tetap masih ada orang-orang yang awam dan polos. Merekalah yang dijadikan sasaran empuk oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Mengapa bisa demikian?”

Informasi tentang jual-beli via online yang aman dirasa masih kurang dan mereka yang awam tidak tahu harus bertanya ke mana.

“Mengapa bisa seperti itu?”

Belum ada sebuah sistem informasi & pusat pelayanan tentang hal tersebut yang mudah diakses terutama bagi mereka yang masih sangat awam dengan dunia online.

Ahaa! Itu yang mereka butuhkan.

Katakanlah ide awal itu kemudian ditindaklanjuti. Maka akan terbentuk suatu pusat pelayanan yang mudah diakses orang awam sekalipun. Dengan sekali klik, atau dengan menghubungi call center, mereka bisa mendapatkan informasi toko online atau penjual mana yang betul-betul kredibel dan mana yang cuma tipu-tipu berdasarkan data yang valid.

Jadi, coba gali suatu hal dengan terus bertanya ‘mengapa?’, lalu temukan berbagai kemungkinan yang lebih luas, masalah yang lebih dalam, dan kebutuhan yang lebih mendasar.

Mengapa begini?

Mengapa tidak begini?

Mengapa masih di halaman ini saja? Mari buka artikel-artikel lainnya! Hehe.

Tags: , ,

Category: Kreativitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *