Mencerahkan Kulit Wajah Yang Kusam

| March 23, 2015 | 0 Comments

mencerahkan wajah yang kusamSering liat iklan lowongan pekerjaan yang ada syarat: berpenampilan menarik?

Gak di tv, gak di koran, gak di media online, syarat penampilan yang diberikan oleh perusahaan kepada calon karyawan baru menjadi sedemikian pentingnya. Dan salah satu aspek yang paling utama adalah wajah yang enak dilihat: bersih, sehat, dan cerah. Saya tidak menyebutkan harus ganteng atau cantik ya, karena selain ukurannya yang relatif, itu juga ada unsur takdirnya, hehe. Beda halnya dengan wajah yang bersih, sehat, dan cerah, itu hal yang semua orang bisa upayakan jika mereka mau.

Khusus artikel ini, kita fokus ke wajah yang cerah dulu ya, karena banyak juga yang punya wajah yang kusam, yang secara langsung berpengaruh pada penampilan luar.

Penyebab Wajah Kusam

Wajah kusam bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik, pola hidup yang kurang sehat seperti: kurang minum air putih, sering begadang, dan kurang olahraga. Selain itu, manajemen stress yang kurang baik, ketidakcocokan dengan sabun wajah, dan faktor lingkungan seperti polusi juga dapat membuat kecerahan wajah berkurang.

Lalu, Bagaimana Membuatnya Menjadi Cerah Kembali?

Dengan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan wajah mengusam, otomatis kita juga akan tahu langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk menangani masalah tersebut.

1. Banyak Minum Air Putih

Air adalah salah satu komponen utama penyusun tubuh kita. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka semua komponen juga akan baik. Namun jika tubuh mengalamui dehidrasi, tentu proses dan komponen dalam tubuh akan terganggu. Termasuk kulit kita yang lama-lama akan menjadi kusam. Maka dari itu, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Minumlah air putih dengan jumlah yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Jika mengikuti perhitungan umum, 8 gelas sehari bisa dijadikan acuan, tetapi jika aktivitas anda sedang padat, tentu jumlah air yang diperlukan tubuh akan lebih banyak.

2. Tidur Lebih Awal

Begadang memiliki efek yang buruk terhadap kecerahan wajah, selain juga punya rentetan efek negatif lainnya untuk proses tubuh secara keseluruhan. Mulai malam ini, cobalah untuk memajukan jam tidur anda (terutama bagi anda yang terbiasa begadang dan mungkin baru tidur pada dini hari). Tidur awal dan bangun awal, jika dibiasakan dapat membuat tubuh terasa ringan dan fresh, wajah pun lebih bersinar, coba saja.

3. Hindari Stres Yang Berlebihan

Selain itu, manajemen stres yang baik juga diperlukan, karena biasanya orang-orang stress berat itu cenderung sulit tidur, kan? Jika memang sedang ada pekerjaan yang menyita pikiran dan berpotensi untuk membuat stres, kendalikan pikiran anda untuk tidak terlalu terhanyut dalam hal tersebut dan lakukan sewajarnya saja.

4. Olahraga Rutin

Olahraga yang rutin (tidak perlu yang berat, tetapi rutin) dapat membuat tubuh lebih segar dan bahagia. Jadi, jasmani dan rohani sama-sama bagus. Itu artinya secara fisik tubuh akan lebih sehat dan pikiran juga bisa terus positif. Nah, kalau sudah begini, gak mungkin kalau wajah ga ikutan sumringah, hehe.

5. Mandi (Sambil Cuci Muka) Minimal 2 Kali Sehari

Nah, kalau ini sudah jelas. Jadi tidak perlu dijelaskan lagi. Hehe. Yang perlu diperhatikan adalah pada saat anda cuci muka, terutama setelah beraktivitas seharian, di luar rungan pula, pilihlah sabun muka atau facial foam yang cocok dengan kulit wajah anda. Karena jika salah sabun, bisa-bisa kulit wajah malah jadi kering atau jerawatan.

Yak, itu tadi tips singkat agar wajah yang kusam bisa cerah kembali. Semoga bermanfaat ya.

Tags:

Category: Karir & Produktivitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *