Komputer Menghambat Kreativitas?

| February 22, 2015 | 0 Comments

Komputer Menghambat KreativitasIni penting untuk daya kreasi otak kita.

Cobalah matikan komputer, letakkan gadget, hentikan aktivitas digital dan bermainlah dengan alat tulis dan kertas kosong. Lalu? Mulailah dengan menulis atau menggambarkan setiap ide di atas kertas, dan lanjutkan dengan mencorat-coret di samping kanan, kiri, atas, bawah ide tersebut. Rekam apapun yang terlintas di dalam pikiran. Bagusnya sih sambil digambar. Mengapa?

Sebuah coretan atau gambar akan membuat yang semula abstrak menjadi lebih konkret. Sebuah gambar juga mampu mengekspresikan gagasan yang sulit dijelaskan dengan kata-kata.

Menariknya, ide yang tergambar di atas kertas akan memancing ide-ide lain untuk datang.

Contohnya, sebelum seorang seniman mulai melukis, ia seringkali mempunyai ide yang kabur di dalam pikirannya. Lalu ia mulai dari sebuah titik di atas kanvas dan membiarkan pikiran memerintahkan tangannya ke segala penjuru hingga akhirnya menghasilkan lukisan yang organik dan otentik.

Austin Kleon dalam bukunya mengatakan bahwa kita perlu bergerak, menghasilkan sesuatu dengan tubuh kita, bukan hanya dengan otak.

Komputer memang baik untuk merapikan ide-ide kita dalam bentuk tulisan, tetapi kurang cocok untuk memancing gagasan. Berada di depan layar komputer membuat kita cenderung berpikir serba sempurna. Kita jadi sering menekan tombol ‘delete’ sehingga ide yang baru lahir pun jadi sulit berkembang. Pernah mengalami?

Jadi, kita perlu sekali-kali pergi dari dunia digital, lalu mengerjakan yang manual. Terutama pada saat proses mencari ide. Sketsakan ide-ide itu di atas kertas, kembangkan, gabungkan hal satu dengan hal lainnya, hubungkan dengan garis-garis hingga terlihat gambaran besarnya. Nah, baru ketika ide sudah mulai matang, baru gunakan komputer untuk menulis dan merapikannya.

Jadikan prosesnya seperti bermain, bukan seperti bekerja.

Jadi, ketika terbersit sebuah ide, cepatlah ambil kertas dan pensil. Gunakan tanganmu! Mainkan dan nikmati!

Tags: , ,

Category: Kreativitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *