Inikah Salah Satu Orang Paling Baik di Dunia Saat Ini?

| June 17, 2015 | 0 Comments

Kisah nyata ini saya temukan ketika sedang asyik cari-cari gambar di Pinterest. Pada saat itu, entah mengapa mata ini seperti diarahkan untuk melihat foto seorang kakek, yang kemudian mengundang rasa penasaran saya untuk mencari informasi lebih lanjut tentangnya.

Kisahnya membuat saya tersentuh. Dan..

Walau secara singkat, saya ingin membagikannya di sini. Kita mulai dari foto kakek yang pertama kali saya lihat saat itu ya:

Lihatlah kakek ini, kira-kira berapa umurnya? Coba tebak.

salah satu orang paling baik di dunia

Usianya telah menginjak 99 tahun, hampir 1 abad ya. Nah, siapa dia?

Kakek ini bernama Dobri Dobrev, seorang veteran yang telah kehilangan pendengarannya pada saat Perang Dunia II. Apa yang ia lakukan di usia senjanya saat ini? Dari melihat penampilannya, sekilas ia tampak seperti orang tua yang kurang terawat.

Dobri Dobrev

Setelah diselidiki, ternyata Kakek Dobrev ini memang seorang pengemis yang sering terlihat di kota Sofia, Bulgaria. Setiap hari, ia rela menempuh jarak 25 kilometer dari desanya ke pusat kota dengan berjalan kaki, hanya untuk mengemis di sana!

Dobri Dobrev salah satu orang paling baik di dunia

Jadi sehari-hari, ia ‘standby’ di beberapa sudut kota itu sambil mengumpulkan recehan demi recehan dari orang-orang yang lewat.

Kakek Dobri Dobrev 4

Anehnya, Kakek Dobrev ini mengemis bukan untuk dirinya. Bukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mengapa? Karena selama ini ia sudah bisa bertahan hidup dengan mengandalkan dana pensiunnya sebesar 80 euro atau kira-kira 1,2 juta rupiah setiap bulannya.

Lalu ke mana uang hasil ngemis itu ia habiskan?

Ternyata, seluruh uang dari hasil mengemis selama bertahun-tahun itu, yang kalau diakumulasi kira-kira totalnya mencapai 40.000 euro (kalau dirupiahkan kira-kira 600 juta!!) SELURUHNYA ia salurkan ke panti asuhan!

Mari kita pertegas lagi: bertahun-tahun mengemis, kalau uangnya dikumpulkan bisa sampai 600 juta rupiah, dan ia tidak mengambil sepeser pun ‘omset ngemis’ nya itu, hehe. Pokoknya 100% ia berikan kepada panti asuhan. SELURUHNYA!

salah satu orang paling baik di dunia

WOW!

Apa yang memotivasi dia sampai bisa semulia itu?

Saya juga tidak tahu, hehe. Dan memang kita pun tidak akan pernah tahu apa yang ada di dalam hati Kakek Dobrev. Hanya ia dan Tuhan yang mengerti. Tetapi, paling tidak, kita bisa jadikan kisah ini sebagai inspirasi, penyadar, dan pemacu untuk menjadi pribadi yang manfaatnya bisa dirasakan oleh sesama, tanpa mengeluh dengan kekurangan yang melekat pada diri kita sendiri.

Dunia ini memang unik.

Orang yang paling kekurangan, justru bisa menjadi yang paling dermawan.

Orang yang sering diacuhkan, justru bisa menjadi yang sangat peduli dengan sekitarnya.

Dan orang yang mungkin dianggap jauh dari kebahagiaan karena hampir tidak punya apa-apa, justru bisa jadi yang paling bahagia, bahkan sampai sempat membahagiakan orang lain pula.

Seperti Kakek Dobrev ini.

salah satu orang paling baik di dunia

Apakah kita harus kasihan dengannya? NO! Karena bisa saja dia lebih bahagia dan hatinya lebih tentram daripada kita.

Lalu, kita harus apa?

Jawabannya, kita harus mengagumi plus iri dengan rasa kemanusiaan tingkat tingginya itu.

Alangkah indahnya dunia jika masing-masing kita mengambil sedikit saja hikmah dari kisah ini. Hidup untuk memberi, tanpa tendensi. Berbagi karena mencari kebahagiaan, bukan karena ingin dapat pengakuan. *sedaaap

Anyway, menyaksikan kelembutan hati dari Kakek Dobrev tadi, bolehkah jika kemudian kita menyebutnya sebagai salah satu orang paling baik (dan mungkin paling bahagia) di dunia saat ini? 🙂

 

Tags: ,

Category: Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *