Anak 9 Tahun Ini Meraup 17 Miliar Dari Youtube

| May 16, 2015 | 0 Comments

Semakin banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet, salah satunya adalah dengan membuat channel di Youtube. Koq bisa? Nah, bagi orang awam, Youtube mungkin hanya dikenal sebagai media sharing video, atau web untuk mencari dan menonton video-video yang mereka suka. Padahal, jika dilihat dari sisi lainnya, yaitu dari sisi orang-orang yang membuat video, Youtube menjanjikan potensi penghasilan yang luar biasa.

Bagaimana bisa?

Konsepnya mirip dengan stasiun TV. Saat kita nonton sinetron (hehe), kan sering kepotong iklan tuh, nah dari iklan itulah stasiun TV dapat uang. Begitu juga dengan Youtube, kita dapat membuat stasiun TV sendiri, atau bahasa Youtube-nya disebut channel. Youtube pun menyediakan spot iklan. Kalau penonton channel kita banyak, apalagi mereka mau berlangganan, potensi penghasilan dari iklannya pun semakin besar.

Mari kita ambil contoh channel yang sudah sukses, EvanTubeHD, channel milik seorang anak berusia 9 tahun bernama Evan. Bersama ayahnya, ia mampu meraup penghasilan miliaran dari video-video keren yang mereka upload.

evantubeHD 17 miliar setahun

Bermula Dari Hobi

Bermula dari hobi bermain dan membuat video, Evan dan ayahnya memanfaatkan Youtube untuk menyebarluaskan video-video mereka ke masyarakat luas. Project pertama mereka adalah video stop motion dengan menggunakan boneka-boneka Angry Bird. Evan memang menyukai game buatan Rovio dari Finlandia tersebut.

Tidak disangka, project pertama tersebut menuai penggemar yang dengan sukarela membagikan pada orang-orang lain hingga video itu mencapai 1 juta view di Youtube. Sejak saat itulah, Evan dan ayah menyadari ‘impact’ yang telah mereka hasilkan dan berkomitmen untuk terus membuat video-video yang berkualitas untuk anak-anak.

Kebanyakan video yang diupload di EvanTubeHD berisi review tentang suatu mainan. Biasanya Evan akan memberitahukan terlebih dahulu batasan umur yang kira-kira cocok untuk memainkan permainan tersebut. Setelah itu, ia akan memperlihatkan box kemasan mainannya, membuka box, mengeluarkan ‘printilan-printilan’ mainan yang ada di dalamnya sambil ia jelaskan satu per satu dengan runut dan rinci. Sedangkan ayahnya berperan di balik layar, mengedit video, menambah special effect yang diperlukan, dan terakhir memastikan bahwa tampilan video tersebut berkualitas.

Jutaan Subscriber dan Miliaran View

Memulai debut videonya pada bulan September 2011, kini channel milik Evan tersebut telah berhasil mengumpulkan 1,4 juta subscriber dan videonya sudah ditonton 1 miliar kali. Maka, tidak mengherankan jika Business Insider memperkirakan penghasilan EvanTubeHD dalam 1 tahun mencapai USD 1,32 juta atau setara dengan 17 miliar. Penghasilan tersebut tidak hanya didapat dari iklan yang muncul di setiap tayangan video mereka, tetapi juga datang dari produsen-produsen mainan yang meminta produknya direview oleh Evan. Bahkan saat ini, Evan sudah memiliki tim tersendiri yang bertugas mengelola tawaran & melakukan negosiasi dengan pihak produsen mainan.

evantubehd evan menghasilkan 17 miliar dari youtube

Tetap Ingin Menjadi Anak Biasa

Meskipun sudah sukses sebagai Youtubers, sang Ayah ingin Evan tetap menjadi anak biasa. Tetap bersekolah, bergaul, dan berkegiatan seperti anak-anak lainnya. Sang Ayah juga tidak ingin anaknya terlalu dipublish oleh media, oleh karena itu, baik nama lengkap maupun alamat Evan sengaja dirahasiakan.

Dan terakhir, penghasilan fantastis yang didapat dari Youtube itu sebagian besar dimasukkan ke tabungan Evan untuk biaya pendidikan dan masa depannya.

Tertarik punya stasiun TV sendiri yang ditonton jutaan orang dan menghasilkan banyak uang?

Tags: ,

Category: Strategi Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *