Dapat Ide Bisnis Dalam 10 Menit

| February 22, 2015 | 0 Comments

Dapat Ide Bisnis Dalam 10 MenitIde bisnis memang terkadang misterius.

Itu ada benarnya. Ada orang yang di tahap ini saja butuh berbulan-bulan bahkan tahun untuk mikir, eh ga dapet-dapet. Tapi ada yang cuma ga sengaja kepikiran ide bisnis pas lagi mandi, eh tapi idenya jadi sukses.

Ya kan, misterius. Tapi bisa koq dibuat jadi lebih rasional kalau kita tahu caranya mengelola ide. Oke, kita mulai ya.

Sering saya dengar teman-teman yang bingung, “aku harus bisnis apa ya?” atau “dari mana mulainya?”. Jawabannya: mulai saja dari yang KAMU MAU atau yang KAMU TAHU.

Langkah pertama, siapkan 1 lembar kertas. Lalu, tulis ide apapun yang terlintas di otak. Jangan cepat-cepat dikritisi, let it flow aja pokoknya.

Nah, sambil menulis, ajukan pertanyaan dan kumpulkan informasi sebanyak mungkin yang bisa mendukung ide itu. Biasanya, pertanyaan yang umum diajukan pada tahap ini adalah sebagai berikut (jawab sejujur-jujurnya kalau mau berhasil, hehe):

  1. Apa yang kamu suka, atau keahlian/kelebihan apa yang kamu punya?
  2. Apa yang kamu tidak suka, atau apa yang menjadi kekuranganmu?
  3. Produk atau jasa apa yang kira-kira bisa membantu kehidupan pribadimu menjadi lebih baik?
  4. Produk atau jasa apa yang kira-kira bisa membantu proses bisnismu menjadi lebih baik?
  5. Produk atau jasa apa yang benar-benar ingin kamu beli?
  6. Permasalahan sosial apa yang terjadi di sekitarmu? Produk atau jasa apa yang bisa membantu menyelesaikannya?
  7. Hal apa di lingkungan sekitarmu yang ingin kamu perbaiki? Produk atau jasa apa yang bisa membantunya?

Oke, kira-kira cuma butuh 10 menit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Kalau sudah selesai menjawab, berarti sekarang kamu punya list ide-ide bisnis yang bisa dibawa ke tahap selanjutnya. Bah, langkah berikutnya adalah mengevaluasi satu per satu ide bisnis tersebut. Tujuannya adalah untuk menilai dan akhirnya memilih ide mana yang pas untuk diwujudkan.

Aspek yang dievaluasi bisa seperti ini:

  • Seberapa kompleks ide itu untuk dilakukan? Usahakan sebagus apapun idenya, implementasinya jangan sampai ribet & jauh dari kemampuan. Lebih baik memulai dari sesuatu yang mudah dilakukan.
  • Berikutnya, agak nyambung sama yang pertama, kira-kira butuh waktu berapa lama untuk merealisasikannya? Kalau ternyata kelamaan, ya keburu hilang momentumnya. So, pilih ide yang bisa segera dilakukan. Jangan nunggu sempurna karena bisa berakibat ga mulai-mulai. Nah, mulailah yang bisa dimulai, sambil jalan sambil dikembangkan & diperbaiki.
  • Tanyakan juga: apakah ide bisnis ini benar-benar dibutuhkan orang lain? Kalau ini perlu tanya orang lain juga. Jangan pakai asumsi pribadi, pertimbangkan juga saran dari teman, kolega, keluarga, dan calon pembeli.
  • Ini yang terpenting: apakah mereka benar-benar akan membeli produk kita? Sama seperti poin sebelumnya, ini perlu disurvei ke orang lain. Penentuan harga juga penting lho. Jangan-jangan marketnya belum siap atau bahkan ga sanggup buat beli, kan repot.

Ga susah kan? Dikerjain ya. Setiap langkah akan semakin mendekatkan kita pada ide bisnis yang mungkin selama ini kita cari-cari.

Jangan lupa untuk share ide-ide bisnismu ke orang-orang terdekat. Mengapa? Biar makin tajem idenya, plus bakal didoain juga sama mereka. Setuju? 🙂

 

Tags: , , ,

Category: Strategi Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *