Bagaimana Mengubah Keahlian Menjadi Uang?

| February 23, 2015 | 0 Comments

mengubah keahlian menjadi uangIstilah ‘menjual diri’ itu tidak selalu harus diartikan negatif, kan?

Karena pada dasarnya, kita semua hidup dengan penghasilan yang didapat dari menawarkan kemampuan yang kita miliki kepada orang lain. Pelamar pekerjaan ‘menjual diri’ mereka agar dipekerjakan di perusahaan tertentu, para pebisnis ‘menjual diri’ mereka untuk memperoleh modal dari investor, penyanyi menjual suaranya, komedian menjual kejenakaannya, penulis menjual gagasan yang mereka tulis, dsb.

Sehingga, tidak cukup hanya mempunyai keahlian tertentu, kita juga perlu membuat keahlian itu diketahui orang lain, dan akhirnya dibeli, sehingga baik kita maupun mereka sama-sama merasakan manfaatnya.

Lalu, bagaimana menjual keahlian agar memberi penghasilkan pada kita? Langkah-langkah di bawah ini akan coba membantu, bahkan pembahasan akan dimulai dari cara menemukan apa yang sebenarnya menjadi keahlian kita, karena ga sedikit juga yang masih bingung apa sih kelebihan dirinya. Kasian, hehe.

Langkah 1: Tentukan Apa Saja Keahlian Anda

Tulis semua kemampuan, skill, dan kelebihan yang Anda punya, baik yang sudah terasah, maupun yang belum. Ajukan pertanyaan ini untuk memudahkan langkah ini: pekerjaan apa yang anda sukai? apa yang penting bagi kehidupan anda? kapan terakhir anda mengerjakan suatu aktivitas dan anda sampai lupa waktu karena sangat menikmatinya? apa bakat anda? apa yang orang sukai dari anda? ilmu atau wawasan apa yang anda kuasai dan bisa dibagikan ke orang lain? pengalaman apa yang sejauh ini pernah anda dapatkan?

Diri kita adalah aset paling berharga. Masalahnya adalah kita tidak menyediakan cukup waktu untuk melihat potensi diri, menganalisis kapasitas, dan menemukan apa kekuatan terbesar yang kita miliki. Bagi anda yang merasa demikian, tidak ada kata terlambat, segera temukan dan poles keahlian anda agar mempunyai nilai guna bagi sesama.

Langkah 2: Temukan Peluang Di Sekitar Anda

Setelah anda mengetahui apa yang menjadi kekuatan anda, langkah berikutnya adalah mencari peluang apa yang ada di sekitar anda. Adakah permasalahan di lingkungan sekitar yang bisa anda selesaikan dengan keahlian itu? Adakah kebutuhan di masyarakat yang belum terpenuhi dan bisa anda bantu penuhi? Pasti ada, pak, bu! Tugas kita tinggal mencarinya! 🙂

Langkah 3: Susun Rencana Untuk Menghubungkan Peluang Itu Dengan Keahlian Anda

Tuliskan bagaimana cara anda untuk mengaplikasikan keahlian, kekuatan, pengalaman, pengetahuan yang selama ini dimiliki untuk menjawab peluang yang ada di lingkungan anda, baik itu permasalahan yang ingin anda bantu selesaikan, maupun kebutuhan masyarakat yang di belum terpenuhi.

Susun dalam bentuk rencana kerja. Kumpulkan fakta-fakta, informasi penting, testimoni, atau hasil survei sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun rencana tersebut. Selain untuk memastikan bahwa keahlian anda memang diperlukan, rencana ini juga bisa anda ajukan ke pihak yang membutuhkan. Siap-siap saja mempresentasikan ide anda di depan mereka.

Langkah 4: Do Action Untuk Membuat Rencana Itu Terwujud

Langkah terakhir pasti sudah pada tahu semua. Tantang diri anda untuk bisa segera mengubah keahlian menjadi penghasilan. Tetapkan kapan hal itu bisa terwujud, mulailah sesuai kemampuan sembari memoles dan memperbaiki kapasitas anda hari demi hari.

Tetaplah lakukan dengan konsisten meski belum terlihat hasil yang signifikan. Kerja, kerja, kerja! Doa, doa, doa!

Kerja keras dan berdoa keras akan membuka banyak peluang.

Good Luck ya Pak, Bu! 🙂

Tags: , ,

Category: Karir & Produktivitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *