Agar Badan Tidak Cepat Lelah Saat Bekerja

| February 24, 2015 | 0 Comments

Agar Badan Tidak Cepat Lelah Saat BekerjaPunya badan yang tahan banting itu perlu.

Bagaimanapun juga, setiap orang akan merasakan kelelahan. Masalahnya sekarang adalah, berapa lama waktu untuk sampai pada titik lelah itu? Misalnya, anda dan rekan kerja anda mendapat beban pekerjaan yang sama, tetapi anda ternyata lebih cepat merasakan lelah daripada rekan anda tersebut. Baru 2 jam bekerja, badan anda sudah ga ‘sumringah’ lagi, bahkan mengantuk, sehingga pikiran tidak bisa fokus. Nah, ini kan problem.

Tips berikut ini bukan untuk membuat anda jadi tidak pernah lelah sama sekali, itu malah horor. Pada suatu titik, anda pasti akan lelah juga, saya juga, yang bisa kita upayakan adalah agar badan ini lebih lama sumringah-nya dan butuh waktu lebih lama untuk bisa lelah. Intinya, daya tahan tubuh meningkat!

Dan, kita bisa melakukannya dengan cara-cara yang sederhana sebagai berikut:

Dimulai dari malam ini.

1. Malam Ini Jangan Makan Terlalu Banyak

Apalagi terlalu banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini justru akan membuat tubuh menjadi lelah karena pada saat tidur di malam hari, tubuh harus bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut. Sehingga energi yang seharusnya dalam keadaan ‘full’ pada saat bangun pagi menjadi berkurang.

2. Malam Ini Tidur Lebih Awal

Jangan hanya mengandalkan durasi tidur. Perhatikan juga kapan anda harus tidur. Misalnya anda sudah cukup dengan pola tidur selama 6 jam, tetapi akan lebih segar rasanya jika anda memulai tidur dari jam 10 malam dan bangun jam 4 pagi daripada baru mulai tidur jam 12 malam dan bangun jam 6 pagi. Apalagi baru ke kasur jam 2 pagi dan bangun jam 8 pagi. Sebagai informasi saja, tubuh sudah didesain untuk melakukan proses-proses hormonal pada malam hari, dan proses tersebut akan optimal jika kita sudah tidur. Itulah mengapa begadang tidak dianjurkan karena akan merusak proses hormonal tersebut.

3. Bangun Lebih Awal, Badan Lebih Segar

Bangun lebih awal (dengan syarat tidurnya juga lebih awal) akan membuat badan lebih segar, bahkan rona wajah pun akan lebih cerah. Selain itu, pikiran juga masih segar dan optimal jika ingin mengerjakan sesuatu. Makanya, dulu guru saya menganjurkan kalau belajar itu di pagi hari, sekitar jam 4 pagi atau subuh, dan ternyata anjuran itu sangat membantu, hingga sekarang.

4. Olahraga Pagi Demi Aliran Darah Yang Lancar

Mudah mengantuk? Ini obatnya. Rajinlah berolahraga. Selain untuk memperlancar peredaran darah, olahraga juga meningkatkan ketahanan tubuh kita agar tidak mudah capek dan lemas pada saat beraktivitas. Cobalah olahraga sederhana seperti lari atau bersepeda. Waktu paling baik memang di pagi hari karena udaranya masih segar.

5. Sarapan Dengan Porsi & Gizi Yang Cukup

Sarapan itu penting untuk produksi energi. Kekurangan energi akan membuat tubuh cepat loyo bahkan sebelum tiba saat makan siang. Makanlah dengan porsi yang cukup (relatif lebih banyak daripada porsi makan siang dan malam) dan gizi yang sesuai. Selain karbohidrat dan protein, asupan vitamin (seperti vitamin B & C yang ada pada sayur dan buah) serta zat besi (misalnya daging merah) juga bermanfaat untuk pembentukan energi dan daya tahan tubuh.

6. Quick Nap Di Siang Hari

Alokasikan waktu sekitar 15 menit untuk relax di siang hari. Lebih bagus lagi kalau anda bisa tidur sebentar (quick nap) di waktu itu. Bebaskan pikiran dari segala kesibukan dan kepenatan, manjakan dan istirahatkan sejenak diri anda, kalau bahasa sekarang itu: ‘me time’. Nah, rasakan efeknya setelah relaksasi tersebut, badan dan pikiran akan kembali fresh dan siap bekerja kembali. Oia, bagi anda yang berhasil quick nap, jangan lupa basuh wajah dengan air dahulu sebelum melanjutkan aktivitas.

7. Minum Air Putih Yang Cukup

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mudah berkonsentrasi dan tidak mudah lelah. Minum yang cukup. Atur jadwal minum sedemikian rupa, jangan tunggu sampai benar-benar haus.

8. Hindari Depresi, Bangun Mental Positif

Hati-hati, ternyata depresi, demotivasi, stres, dsb dapat menguras energi yang tidak sedikit, bisa jadi sebanding dengan melakukan pekerjaan fisik yang berat. Stres yang tidak terkelola dengan baik tentu akan membuat badan dan pikiran lelah. So, bangun mental positif dan perbaiki sikap anda terhadap suatu masalah. Baca buku yang memotivasi, tonton film atau mini video yang menginspirasi, dan dengarkan musik-musik mayor penuh semangat untuk menyemangati diri.

Tags:

Category: HIDUP SEIMBANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *