7 Macam Bisnis Online Yang Dapat Dimulai Secara Part-Time

| May 13, 2015 | 0 Comments

Memulai bisnis online relatif lebih mudah dibanding offline. Beberapa alasannya adalah operasional yang lebih simpel, juga waktu dan tempat yang lebih fleksibel. Wajar jika banyak pemilik usaha yang kini mengalihkan fokus bisnisnya ke online. Begitu pula startup yang kini cenderung memilih untuk memulai usahanya secara online dibanding offline. Bahkan ada yang sudah berani mengaku businessman walau tidak punya kantor, hehe.

7 Jalur Bisnis Online Yang Dapat Dimulai Secara Part-Time

Tak terkecuali karyawan kantoran, banyak yang sudah ‘nyambi’ bisnis online untuk mendapat penghasilan tambahan. Siang jadi karyawan, malam jadi owner. Weekday jadi pekerja, weekend jadi bos. Intinya, semua orang punya kesempatan untuk punya bisnis online, termasuk Anda. Inilah 7 macam bisnis online yang bisa dilakukan di waktu-waktu senggang tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

1. Membuka Toko Online

Jika Anda memiliki produk yang bagus dan dibutuhkan orang, mulailah memasarkannya di internet dengan membuka website toko online Anda sendiri. Pasang foto-foto produk yang menarik, berikan harga terbaik, buat sistem pemesanan yang mudah, dan promosikan website tersebut untuk mendapatkan kunjungan dari para calon pembeli. Semakin banyak yang mengunjungi, semakin besar pula potensi terjadinya transaksi.

Keuntungan memiliki website toko online adalah toko itu bisa dibuka ‘24 hours & 7 days’ sehingga saat Anda tidur pun, para calon pembeli masih dapat melihat-lihat produk apa saja yang didisplay di sana.

Tidak punya produk sendiri? Jangan khawatir. Anda bisa menjual produk orang lain. Banyak supplier yang menyediakan sistem reseller dan dropship untuk orang-orang yang tertarik menjualkan barangnya. Supplier untung karena pemasaran produknya terbantu, reseller pun untung karena bisa jualan tanpa harus repot membuat produk sendiri.

Tidak bisa membuat website? Atau justru tidak tau apa-apa tentang web? Tenang. Saat ini sudah banyak sekali jasa pembuatan website. Daripada pusing, belilah jasa mereka, itung-itung ‘nglarisi’ bisnis orang lain, hehe. Dalam menentukan jasa siapa yang akan Anda gunakan, lihat dulu rekam jejak dan portfolionya. Lebih baik cari yang sudah teruji dan punya reputasi yang baik.

Jika belum ingin (atau belum siap budget) untuk membuat toko online sendiri, Anda bisa ‘menggelar dagangan’ di website marketplace yang menyediakan ruang kepada usernya secara free untuk membuat halaman toko onlinenya sendiri. Misalnya di Forum Jual Beli Kaskus, Tokopedia, YukBisnis, dan sebagainya. Hanya saja, fasilitas free online shop tersebut biasanya memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah tidak bebas membuat template atau desain toko seperti yang Anda inginkan karena mereka hanya menyediakan template yang terbatas. Berbeda dengan membuat website sendiri, Anda bebas berkreasi di dalamnya.

Pada akhirnya, semua tergantung selera dan kebutuhan pemilik toko masing-masing. Silakan mau pilih yang mana, menjual dengan website toko online sendiri atau ‘numpang’ di web marketplace yang Anda sukai. Selama dimanage dengan serius, keduanya bisa sama-sama menghasilkan, kan?

2. Menjual Produk Informasi & Digital

Selain menjual produk berbentuk fisik, Anda juga bisa menawarkan produk non-fisik, seperti software, desain visual, game, dan e-book. Produk-produk tersebut juga bisa disebut dengan produk informasi & digital.

Kalau Anda punya kemampuan dalam membuat desain-desain yang keren, buatlah portofolio online yang berisi karya-karya selama ini di website Anda sendiri, atau ‘numpang’ di media portofolio online seperti Behance, Kreavi, LogoPond, CreativeMarket, dan sebagainya. Orang yang menemukan dan kemudian menggemari karya Anda bisa saja membeli  atau memesan ‘custom design’ jika portofolio Anda sesuai dengan seleranya.

Lalu, jika Anda merasa ahli di suatu bidang, memiliki tips-tips bermanfaat, atau pengalaman berharga terkait bidang tersebut yang kira-kira akan dibutuhkan oleh orang lain, Anda bisa menulis dan menyusunnya menjadi sebuah e-book dan memasarkannya.

Misalnya, e-book yang berisi cara-cara mendapatkan uang di internet, cara sukses berinvestasi, cara menguruskan badan dalam 7 hari, cara membuat pasangan lebih cinta lagi, hehe, dan topik-topik bermanfaat lainnya. Banyak koq yang mau beli kalau e-book Anda benar-benar bisa menyelesaikan masalah mereka.

Berbeda dengan produk fisik, produk informasi & digital seperti yang saya sebutkan di atas dapat dikirim ke pembeli dengan lebih mudah. Bisa via email, atau pembeli yang mendownload sendiri di website Anda. Hemat waktu, biaya, dan tenaga.

3. Menulis dan Monetisasi Blog

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blogging? (btw, ini juga bisa jadi judul e-book nih, hehe)

Ada banyak cara memonetisasi blog atau website Anda. Namun, yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat blog dengan konten yang menarik, informatif, dan bermanfaat. Setelah itu, promosikan blog tersebut ke berbagai media dan forum. Jika kontennya memang powerful dan manfaatnya bisa dirasakan oleh sebagian besar pembaca, serta dikelola dengan konsisten, lama-kelamaan blog Anda akan jadi populer juga dan memiliki pengunjung yang banyak.

Nah, kalau trafik atau kunjungan sudah tinggi dan stabil, mulailah menyewakan spot-spot iklan di blog tersebut. Selain dapat menawarkannya pada perusahaan-perusahan, Anda juga dapat mendaftar Google Adsense untuk mendapatkan penghasilkan dari setiap orang yang meng-klik iklan yang ditayangkan. Namun, perhatikan juga dari sisi kenyamanan pembaca. Pastikan letak dan jumlah iklan tidak terlalu mengganggu mereka saat menikmati artikel-artikel di dalam blog Anda.

Di samping menyewakan space iklan yang biasanya dipasang di samping, atas, atau bawah artikel, terkadang ada sebagian pengiklan yang meminta pemilik blog untuk menyisipkan iklan mereka ke dalam artikel, bisa berbentuk review produk atau artikel yang lebih soft-selling. Bagi mereka, cara tersebut dinilai lebih efektif dan dapat menjelaskan produknya dengan lebih detail daripada hanya memasang iklan di sidebar, header, atau footer blog.

Opsi web-monetizing lainnya adalah dengan mengikuti program affiliasi. Konsepnya adalah Anda membantu menjualkan produk milik sebuah perusahaan dan memasang link yang menuju ke website perusahaan tersebut. Anda bisa mendapatkan komisi setiap kali ada pembaca blog yang meng-klik link, mengunjungi, dan melakukan pembelian produk di website tersebut. Ada lho yang memberikan komisi 50% lebih dari harga jual produknya, biasanya untuk produk informasi yang bisa langsung didownload setelah dibeli. Cring cring cring, uangnya otomatis masuk ke rekening Anda.

4. Ikut Dalam Survei Perusahaan Besar

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari aktivitas online adalah dengan mendaftar sebagai responden dalam kegiatan survei online yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Beberapa survei online yang populer dan bisa Anda ikuti adalah YouGov, Survey Bods, NusaResearch, dsb. Apresiasi akan diberikan setiap kali Anda menyelesaikan suatu survei yang mereka lemparkan.

Bentuk apresiasinya bermacam-macam, seperti diskon produk, undian berhadiah, pulsa, atau berupa poin yang bisa dikumpulkan dan dicairkan menjadi merchandise atau uang tunai jika poinnya sudah mencapai ambang minimal pencairan. Kebanyakan sih pada ngincer uang tunainya, hehe.

Setiap survei online pada umumnya bisa diselesaikan dalam waktu 5-15 menit, tergantung jumlah pertanyaan yang diberikan, sehingga Anda masih bisa mengisinya di sela-sela kesibukan.

5. Jasa Penulisan Artikel

Banyak blog yang membutuhkan penulis handal untuk menghasilkan artikel yang baik dan menarik. Apalagi, terkadang pemilik blog sendiri merasa kewalahan ketika harus terus-menerus menyajikan konten yang fresh dari waktu ke waktu. Ini adalah peluang yang bagus bagi Anda yang jago dan punya passion menulis. Banyak yang sudah memulai berbisnis di area ini. Umumnya, setiap artikel dihargai 20-30 ribu rupiah dengan jumlah kata sebanyak 300 hingga 500 kata. Atau ada yang memberlakukan paket 1 jutaan rupiah untuk 50-60 artikel. Meskipun demikian, semua tergantung pada deal antara penulis dengan pemilik blog.

6. Dapat Uang Dari Hobi Ber-Social Media

Semakin banyaknya penggunaan social media, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis menjadi peluang tersendiri bagi mereka yang menyukai platform ini. Buktinya, banyak profesi yang kemudian lahir setelah social media muncul: buzzer, admin social media, bahkan sampai pengamat dan konsultan social media. Bagi Anda yang hobi twitteran, fesbukan, instagraman, pinteresan, dan -an -an yang lain, ini peluang bagus sekali. Banyak perusahaan atau personal yang tidak punya waktu untuk mengelola akun social media mereka. Tawarkan jasa Anda.

7. Menjadi Youtubers

Oke, mungkin Anda berpikir, apa yang bisa dibisniskan dari penggunaan Youtube?

Jawabannya adalah KONTEN yang powerful dan menarik jutaan penonton.

Youtube tidak akan diam saja kalau ada usernya (katakanlah Youtubers) yang mengupload konten-konten video super keren sehingga bisa menarik banyak viewer dan subscriber. Tentu pihak Youtube akan memberikan apresiasi seperti menjadikan mereka sebagai Youtube Partner yang berhak mendapatkan share pendapatan dari monetisasi video yang mereka upload.

Raditya Dika, Bayu Skak, dan EvanTubeHD adalah beberapa ‘penguasa Youtube’ yang telah sukses mendapatkan jutaan views dan sudah menikmati penghasilan mulai dari puluhan juta, ratusan juta, hingga milyaran perbulan dari video-video yang mereka upload. Kuncinya adalah konten yang menarik dan punya potensi viral yang kuat.

Nah, itu tadi beberapa pilihan bisnis online yang saya rasa masih bisa dikerjakan di sela-sela waktu, tanpa mengganggu aktivitas utama Anda (tergantung manajemen waktunya sih, hehe). Tentu hasilnya akan lebih optimal jika dikerjakan secara full-time, walaupun begitu, tidak ada salahnya jika ingin mulai dari part-time dulu. Toh banyak juga yang bermula dari bisnis sambilan, tapi karena lama-lama berkembang dan hasilnya lebih banyak daripada pekerjaan utamanya, akhirnya memutuskan untuk resign dan full-time di bisnis.

Jadi, mulai dengan PART-TIME pun tidak apa-apa, asal dikerjakan dengan FULL-HEART, hehe.

Semoga bermanfaat.

Tags: , , ,

Category: Strategi Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *