5 Kebiasaan Harian Untuk Meningkatkan Produktivitas

| February 23, 2015 | 1 Comment

5 kebiasaan harian untuk meningkatkan produktivitasProduktif itu belum tentu sibuk ya.

Produktif itu proses kerja yang ada hasilnya. Hasilnya juga ga sekedar hasil, tapi hasil yang memang sudah diukur dengan target minimal yang jelas. Dan itu semua dilakukan dengan waktu, pikiran, dan tenaga yang se-efektif mungkin. Sibuk?

Sibuk bisa jadi tanpa hasil kalau kita tidak menggunakan waktu, pikiran, dan tenaga dengan semestinya. Ada lho orang yang merasa sudah kerja pontang-panting, bolak-balik, tapi sebenarnya ga kemana-mana, alias ga menghasilkan manfaat apa-apa. Sibuk sih sibuk, tapi tidak produktif.

Jadi, orang sibuk belum tentu produktif. Dan, untuk bisa produktif tidak selalu harus sibuk.

Nah, kali ini saya ingin mengajak rekan pembaca semua untuk memilih hidup yang lebih produktif daripada hidup yang lebih sibuk. Memangnya, apa ukuran seorang dikatakan lebih produktif?

Ukurannya bisa dilihat dari waktu, atau dari hasil. Kalau kita adu 2 orang untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang sama, maka orang yang lebih produktif mampu menghabiskan waktu yang lebih singkat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Atau, dalam waktu yang sama, orang yang lebih produktif akan membuat hasil yang lebih besar/banyak. Paham ya? Sip!

So, bagaimana cara agar kita lebih produktif? Ada 7 kebiasaan yang bisa kita lakukan setiap hari untuk meningkatkan produktivitas kita, apapun profesinya. Ini dia:

1. Bangun Lebih Pagi

Hari yang baik biasanya dimulai dari pagi yang baik juga. Orang yang bangun lebih pagi akan punya rona wajah lebih cerah (tentu tidurnya harus lebih awal juga, dan tentu harus rajin cuci muka juga), pikiran yang lebih fresh, dan badan yang lebih bugar. Jadi, manfaatkan betul jam-jam di pagi hari untuk melakukan aktivitas yang dapat menjaga pikiran dan badan tetap positif.

Membaca berita, membaca buku-buku pengembangan diri & karir, mendengarkan musik atau menonton video yang membuat semangat, olahraga, sarapan sehat, atau mulai curi start untuk tugas yang harusnya dimulai agak siang, itu juga bisa.

Intinya, kegiatan pagi bisa dianggap sebagai pemanasan fisik dan psikis untuk menyiapkan diri untuk aktivitas seharian nanti.

2. Buat Rencana Hari Ini Dari Semalam

Buat daftar kegiatan yang akan dilakukan esok hari. Yap, rencanakan sejak malam sebelumnya. Mengapa? Selain lebih cepat lebih baik, hal itu juga akan meng-setting pikiran bawah sadar anda pada saat tidur, sehingga saat bangun pikiran anda akan lebih siap untuk memulai hari. Keren kan? Cobalah dan lihat apa yang terjadi.

3. Prioritaskan

Dari daftar rencana kegiatan itu, tentukan mana yang terpenting, mana yang terpenting kedua, ketiga, dan seterusnya. Mengapa harus diatur seperti itu? Karena selain mengatasi kebingungan mau mengerjakan yang mana terlebih dulu, kebiasaan ini akan menghindarkan diri kita dari aktivitas-aktivitas yang kurang penting. Kalaupun pada akhirnya ada beberapa pekerjaan yang belum selesai pada hari itu juga, minimal kita bisa memastikan bahwa pekerjaan-pekerjaan yang penting sudah kita selesaikan terlebih dulu.

4. Fokus Pada Prioritas

Masih ada hubungannya dengan poin nomor 3, lakukan dulu pekerjaan terpenting pertama dan fokus 100% sampai selesai, baru lanjutkan ke pekerjaan terpenting kedua. Itu idealnya. Fokus ini nyawanya produktivitas, sekali tidak fokus, mungkin kita bisa mengerjakan banyak hal, sibuk sih sibuk, tapi kalau akhirnya ga selesai semua, repot juga kan? Hehe. Lebih baik diselesaikan satu per satu karena begitu satu pekerjaan sudah selesai, itu akan jadi penyemangat juga untuk tugas-tugas selanjutnya!

5. Evaluasi Malam Hari

Di akhir hari, sebelum tidur, evaluasilah kegiatan seharian tadi. Ajukan 2 pertanyaan ini:

  • Apakah semua sudah sesuai rencana?
  • Apa yang bisa ditingkatkan untuk hari-hari selanjutnya?

Nah, itulah 5 kebiasaan yang bisa anda bentuk mulai sekarang untuk hidup yang lebih produktif. Mungkin kalimat penutup sekaligus kesimpulan yang cocok untuk topik ini adalah: Hematlah sumber daya (waktu, pikiran, tenaga, dsb) dan tingkatkan hasil (pekerjaan, penghasilan, pencapaian, dsb).

Tags: , ,

Category: Karir & Produktivitas

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

Sites That Link to this Post

  1. 9 Tips Produktif: Kerja Sedikit Tapi Hasil Banyak | Tahta Mulia | April 7, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *